Rici Solihin: A Brother from Bandung City

Rici Solihin, itulah nama saya, atau sering juga dipanggil dengan sebutan “Aa Rich”. Seorang anak laki-laki, hasil konspirasi antara Ayah dan Ibunya setelah ijab qobul dan kata “SAH” dikumandangkan, merupakan jajaka asli Bandung yang terlahir sebagai generasi tahun 90-an. Saya memang bukan pujangga apalagi motivator tetapi bisa dikatakan sebagai pemuda humoris dan visioner yang menyukai travelling, wisata kuliner serta olahraga walaupun perut masih terlihat (sedikit) buncit. Saya hanyalah pemuda biasa yang sedang belajar mencurahkan buah pemikiran dan pengalaman hidupnya melalui tulisan-tulisan yang disinyalir dapat membuat orang ketagihan membacanya kembali atau malah tidak sama sekali.

Sebagai makhluk sosial, saya aktif dalam berorganisasi, mengikuti kegiatan sosial, bergabung dengan beberapa komunitas kreatif dan kepemudaan serta telah memulai bisnis sejak duduk di bangku sekolah. Pengalaman berada pada lika liku kehidupan yang dimulai di kondisi lingkungan rural hingga urban telah mengasah mental saya untuk tumbuh lebih dewasa sebagai sosok yang berintegritas, serta berjiwa sosial tinggi. Belajar dari pengalaman tersebutlah, saya mempunyai prinsip bahwa kehidupan berikutnya harus lebih baik daripada sebelumnya.

“Kita memang tidak bisa merubah masa lalu yang kelam, tetapi kita bisa merubah masa depan kita menjadi lebih baik dengan berprestasi”

Mengukir prestasi tentu tidak akan mudah diraih jika kita berada di zona nyaman, karena prestasi bukan hasil, melainkan proses meningkatkan kemampuan diri untuk menjadi sesuatu yang bernilai lebih dari sebelumnya. Maka dari itu, Sejak duduk di bangku sekolah, saya telah memiliki ketertarikan dengan sesuatu hal yang baru dan menyukai tantangan. Hal tersebut terlihat dari seringnya saya mengikuti berbagai kompetisi baik di bidang bisnis, akademis, maupun sosial budaya. Beberapa diantaranya termasuk menjadi Juara 1 YSEALI Pitch Master Chef 2015 di Vietnam, Finalis Nasional Wirausaha Muda Mandiri 2011, Delegasi Indonesia dalam program ASEAN Students Visit India (ASVI) 2013 – salah satu kegiatan Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia serta beberapa penghargaan lainnya terkait dengan kompetisi Business Plan dan Penelitian di tingkat nasional hingga internasional.

Rici Solihin
Rici Solihin

Setelah menyandang gelar Magister Ilmu Manajemen dengan predikat cumlaude, akhirnya fans berat Nabi Muhammad SAW dan Liverpool FC ini melanjutkan karir sebagai (calon) dosen tetap salah satu universitas swasta di Jakarta dan dosen tamu di beberapa universitas di Jawa Barat dan Jakarta, menjadi pemateri atau mentor kewirausahaan di beberapa komunitas kreatif dan kepemudaan, serta mengembangkan investasi pada usaha agribisnisnya dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan diri, memberi manfaat yang lebih besar untuk lingkungan dan masyarakat sekitar serta menciptakan generasi muda berprestasi lainnya.

Impian terbesar saya bukanlah menjadi orang terkaya, orang tertampan sejagad atau menjadi sesuatu yang dapat diukur dengan materi maupun secara fisik, melainkan dapat menciptakan generasi berprestasi lainnya yang sehat secara emosional dan spiritual. Artinya, ibaratkan seorang kakak saya ingin menularkan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki kepada adik- adik saya yang lain agar memiliki pribadi yang intelek, berintegritas dan agamis sehingga dapat berbakti pada agama, keluarga, bangsa dan negara.

Selamat menikmati berbagai tulisan dalam blog ini yang merupakan hasil imajinasi saya sendiri, baik berdasarkan pengalaman pribadi maupun saduran dari sumber lain. Semoga dapat memberikan manfaat dan inspirasi bagi Anda semua.

Salam kenal,

Rici Solihin