Studentpreneur bagi Pertumbuhan Ekonomi Jawa Barat

Studentpreneur Ekuitas

Tanggal 30 April 2016 yang lalu, saya diundang ke Kantor Pusat Bank BJB yang berada di Jalan Naripan Bandung karena telah menyelesaikan program Studentpreneur yang diselenggarakan oleh STIE Ekuitas dan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) Jawa Barat. Saya merupakan anggota studentpreneur angkatan III yang bergabung sejak tahun 2013. Alasan saya bergabung dengan program ini karena selain untuk memperluas jejaring usaha, Studentpreneur memberikan pelatihan bisnis, menyediakan mentor yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan dan advokasi permodalan kepada investor ataupun perbankan. Peserta yang mengikuti program ini merupakan para mahasiswa berbagai universitas yang menjalankan usahanya di Wilayah Bandung Raya.

Terdapat beberapa tahapan dalam masa inkubasi yang dilakukan oleh Studentpreneur STIE Ekuitas, yakni dimulai dengan presentasi ide dan wawancara di hadapan praktisi, akademisi dan regulator. Bagi yang terpilih sebagai anggota studentpreneur kemudian akan masuk ke tahap dua yakni mengikuti Visiting Company ke perusahaan yang sesuai dengan bidang usaha yang ditekuni untuk benchmarking. Tahap tiga mengikuti pelatihan pembuatan proposal rencana usaha yang disertai dengan action planning yang perlu dijalankan. Hasil proposal rencana bisnis yang telah jadi kemudian dipresentasikan di depan para pakar bisnis, akademisi dan investor untuk memperlihatkan rencana pengembangan usaha hasil inkubasi serta berpeluang mendapatkan akses tambahan modal untuk pengembangan usaha bagi yang membutuhkan. Tahapan keempat yakni monitoring dan evaluasi dimana kita selaku tenant yang mengikuti program inkubasi akan disurvei langsung ke tempat usaha oleh pihak Studentpreneur untuk menilai kinerja usaha serta mengidentifikasi masalah terkait bisnis kita.

Tahap akhir adalah memberian apresiasi berupa sertifikat bagi para tenant karena telah selesai mengikuti seluruh tahapan Studentpreneur. Khusus ketika program saya telah dijalankan, penyerahannya dilakukan bertepatan dengan acara wisuda STIE Ekuitas yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Bapak Ahmad Heryawan, Direktur Utama Bank BJB, yaitu Bapak Ahmad Irfan dan Rektor STIE Universitas Pertamina, Prof. Ina Primiana yang menyerahkan langsung sertifikat kelulusan.

Studentpreneur

Program Studentpreneur merupakan hasil sinergi antara perguruan tinggi, korporasi, regulator, komunitas dan pelaku usaha untuk meningkatkan daya saing pemilik Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di tengah persaingan pasar menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Peran perguruan tinggi sebagai lembaga yang membantu pengembangan IPTEK bagi pemilik UMKM melalui program pengabdian kepada masyarakat, saya sendiri merupakan salah satu tenant yang menjalin kerjasama dengan STIE Ekuitas untuk melakukan program pemberdayaan masyarakat di Desa Pasirlangu melalui IPTEK yang diterapkan pada bisnis yang sedang saya jalankan. Sementara itu pihak korporasi berperan sebagai pendukung baik dalam bentuk permodalan atau transfer teknologi dan pengetahuan untuk pengembangan bisnis UMKM, seperti yang dilakukan oleh Bank BJB yang membantu fasilitas permodalan dan sponsor pelatihan bagi tenant yang ada di Studentpreneur. Lain halnya dengan komunitas seperti halnya KADIN Jabar yang menjadi tempat berkumpul pakar-pakar bisnis yang dapat dijadikan sebagai Mentor dan membuat jejaring bisnis serta advokasi bagi pemilik UMKM yang hendak mengurus administrasi, perizinan usaha serta hal-hal lain yang berkaitan dengan pengembangan usaha.

Hasil yang diharapkan dengan adanya Program Studentpreneur adalah untuk meningkatkan kapasitas bisnis, memperbaiki kualitas serta memastikan keberlanjutan usaha agar value perusahaan menjadi tinggi yang berimplikasi terhadap peningkatan pendapatan usaha dan tentunya pertumbuhan Produk Domestrik Regional Bruto (PDRB) Provinsi Jawa Barat. Harapannya, semakin banyak pemuda yang proyeksikan menjadi wirausahawan sejak di bangku kuliah, maka perkembangan ekonomi daerah akan semakin maju juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *