DENGAN IDE INOVATIF YANG MEMBANTU PEMASARAN PERTANIAN LOKAL MELALUI TEKNOLOGI, PETANI MUDA DARI UNIVERSITAS PADJADJARAN TERPILIH SEBAGAI SEMIFINALIS GIST TECH-I COMPETITION

Rici Solihin PaprikaDi tengah maraknya serbuan produk impor, tidak menyurutkan semangat Rici Solihin (24) untuk menjadi petani paprika di daerah Kabupaten Bandung Barat. Mahasiswa Magister Ilmu Manajemen Universitas Padjadjaran ini bukanlah sembarang petani melainkan pemuda yang penuh dengan ide inovatif dalam meningkatkan nilai pangan lokal. Namun, tidak ada yang menyangka bahwa salah satu idenya bisa terpilih sebagai semifinalis perwakilan dari Indonesia pada GIST Tech-I Competition kategori Innovative Idea di bidang Agriculture yang diselenggarakan oleh US Department of State dan American Association for The Advancement of Science.

Finalis nasional Wirausaha Muda Mandiri tahun 2011 tersebut saat ini sedang mengembangkan aplikasi Farmtastic, yaitu sebuah aplikasi bebasis internet yang dapat menghubungkan petani dan konsumen akhir secara langsung sehingga dapat melindungi petani dari jeratan tengkulak guna meningkatkan kesejahteraan para petani lokal dan kualitas produk lokal. Ide membuat aplikasi tersebut tidak lepas dari pengalamannya sejak kecil. “Saat masih duduk di bangku sekolah dasar, saya sering pulang sekolah melewati lahan pertanian tomat di Pangalengan. Terkadang saya menanyakan harga tomat kepada petani yang sedang panen dan suka ikut sedih kalau mendengar keluhan harganya jual ke tengkulaknya murah” Ujar Rici Solihin, Sarjana Ekonomi lulusan Universitas Padjadjaran 2012 dengan yudisium cum laude (IPK 3,60).

Mendengar permasalahan tersebut, Rici melihat adanya peluang emas dalam meningkatkan nilai hasil pertanian lokal dan kesejahteraan para petani lokal melalui teknologi. Penerima Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan Nasional ini juga aktif dalam mengikuti berbagai kompetisi di tingkat internasional dan Ide Farmtastic sendiri pernah dinominasikan sebagai 50 besar ide terbaik di ajang Global Start-up Youth ASEAN di Kuala Lumpur, Malaysia pada 18-21 Maret 2015 lalu serta akan dipresentasikan pada acara YSEALI Generation: Power Of Entrepreneurship 27-31 Mei 2015 mendatang.

Setelah terpilih sebagai salah satu dari 76 ide terbaik dari 792 aplikasi yang mendaftar, saat ini Rici tinggal selangkah lagi untuk terpilih sebagai 30 besar yang masuk ke tahap Final pada acara Global Entrepreneurship Summit di Nairobi Kenya yang akan dihadiri pula oleh Presiden Amerika, Barack Obama pada bulan Juli 2015.

Sumber: mim.unpad.ac.id

1 Comment

  1. Gileeee… Kereng banget bung rici….dalam beberapa tahun terakhir lulus kuliah langsung berubah jadi sukses gini, mantapppp…bkin bangga mamah papah bgt ini mah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *