Pusat Inkubator Bisnis Unpad Ingin Lahirkan Generasi Wirausaha

[Unpad.ac.id, 14/10/2014] Pusat Inkubator Bisnis (PIB) Unpad bekerja sama dengan Bank Mandiri menggelar Seminar Kewirausahaan “Wirausaha Muda Membangun Bangsa” di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Selasa (14/10). Seminar ini diikuti oleh mahasiswa Unpad dan perwakilan dari Perguruan Tinggi lain di Jawa Barat.

Rici Solihin, mahasiswa Unpad yang pernah mengikuti kegiatan Wirausaha Muda Mandiri, berbagi pengalaman dengan para mahasiswa (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Rici Solihin, mahasiswa Unpad yang pernah mengikuti kegiatan Wirausaha Muda Mandiri, berbagi pengalaman dengan para mahasiswa (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Ketua PIB Unpad, Dr. H. Asep Mulyana, S.E., MCE., mengatakan, seminar ini menjadi ajang untuk melahirkan kembali generasi baru di bidang kewirausahaan. Dalam kesempatan tersebut juga disosialisasikan mengenai Program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) tahun 2014 yang digagas oleh Bank Mandiri.

“Unpad sendiri sudah lama menjalin kerjasama dengan Bank Mandiri terkait program WMM ini. Kerjasama ini bertujuan untuk mengembangkan wirausaha muda baru yang mudah-mudahan hari ini menjadi inspirasi bagi para peserta seminar,” ujar Dr. Asep.

Untuk itu, seminar ini menghadirkan para wirausahawan sukses untuk membagi pengalamannya kepada para peserta, yaitu Rici Solihin, mahasiswa Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad yang juga sebagai owner Segar Barokah, Fauzan Efwanda, founder dari Foremost, Andena Hirma Putri, Owner dari Andena Batik, dan drg. Belly Syam, M.Kes., Sp.RKG. staf pengajar di Fakultas Kedokteran Gigi Unpad yang juga Pengusaha Klinik Kedokteran Gigi berbasis “Sharing Risk and Benefit”.

Beberapa pembicara juga merupakan pemenang dan alumni dari Program Wirausaha Muda Mandiri. Rici dan Efwan adalah alumni dari program WMM tahun 2011. Sementara Andena adalah alumni program WMM tahun 2012.

“Program WMM adalah salah satu program untuk meningkatkan jumlah wirausahawan di Indonesia,” ujar Rici dalam presentasinya.

Program ini pertama digagas tahun 2007. Dalam kurun waktu 8 tahun, jumlah pendaftar program ini meningkat drastis, yang awalnya berjumlah 400 orang pada tahun 2007, di tahun 2013 kemarin jumlahnya mencapai sekitar 6000 pendaftar. Unpad pun merupakan Perguruan Tinggi yang aktif mengirimkan wirausahawannya untuk diikutsertakan dalam program tersebut.

Lebih lanjut Rici yang sukses berbisnis sayuran paprika ini mengatakan, banyak keuntungan yang didapat saat mengikuti program ini. Selain mendapatkan keterampilan dan manajemen berbisnis, program ini juga memberikan pembinaan kepada para pelaku bisnis.

“Kita juga sering diajak mengunjungi beberapa perusahaan besar di Indonesia sehingga kita menjadi lebih banyak jaringannya,” kata Rici.

Lebih lanjut program yang menjadi Corporate Social Responsibility Bank Mandiri ini terfokus pada pengubahan pola pikir mahasiswa maupun kaum muda lainnya agar mau menjadi wirausahawan,. Program ini meliputi pemberian pembinaan, penghargaan,workshop, beasiswa, dan modul kewirausahaan kepada para wirausahawan muda.

Dihadiri langsung oleh Vice President Bank Mandiri area Bandung, Desi Wahyuni, seminar dibuka secara resmi oleh Direktur Pengembangan Kemahasiswaan dan Hubungan Alumni Unpad, Dr. Ir. Heryawan Kemal Mustafa, M.Sc. dalam sambutannya, Dr. Heryawan mengapresiasi para mahasiswa untuk terjun di dunia kewirausahaan.

“Kita sangat mengapresiasi untuk bisa menjadi wirausahawan muda, tapi tetap harus bisa menyelesaikan studi tepat waktu,” ujar Dr. Heryawan.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh *

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *