TRAINING NASABAH I BMT-ISEG UNPAD 2013

Minggu, 2 Juni 2013 Alhamdulillah divisi Tamwil BMT-ISEG telah selesai melaksanakan salah satu proker terbarunya yaitu “Training Nasabah I”, yang diadakan di Kampus Unpad Dipati Ukur Gedung C (C33). Ketua Pelaksananya adalah Muhammad Fauzan (Akun’12), asisten manajer Tamwil. Training ini merupakan salah satu bentuk pelayanan dari Tamwil kepada para nasabah dan mitra dari BMT-ISEG, yaitu dengan mengangkat tema mengenai kewirausahaan. Dengan adanya training ini diharapkan ke depannya para nasabah yang aktif di BMT-ISEG dapat mengembangkan jiwa bisnisnya, dan pada akhirnya juga dapat menjadi mitra BMT-ISEG.

 12

Acara Training Nasabah I ini dihadiri oleh 28 orang peserta yang terdiri dari nasabah dan mitra BMT-ISEG. Selain itu juga dihadiri oleh direktur BMT-ISEG, presiden ISEG, dan ketua BP ISEG periode 2013.

Tema yang diangkat pada acara ini adalah “Berprestasi dengan Bisnis Plan” dengan menghadirkan dua orang pembicara yang memang sudah ahli di bidangnya. Salah satu dari pembicara juga merupakan alumni dari ISEG. Kedua orang pembicara itu adalah kang Rici Solihin dan kang Iqbal Mujahid.

3

Acara dimulai pukul 9.15 yang dibuka oleh MC dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran, kata sambutan, dan tausiah yang kali ini disampaikan oleh salah satu EB (sekretaris BMT-ISEG). Selanjutnya masuk ke materi yang disampaikan oleh kang Iqbal dan kang Rici yang disampaikan secara bergantian. Selama materi berlangsung, terlihat dari para peserta yang hadir, semuanya mendengar dan menyimak dengan seksama materi yang diberikan. Setelah selesai materi, ada sesi tanya jawab, dimana para peserta dipersilahkan untuk bertanya apapun seputar materi yang telah dijelaskan, yakni mengenai bisnis plan.

Pukul 12.15 – 13.15 acara berhenti sementara, agar peserta dan pembicara dapat beristirahat sejenak, shalat, dan makan siang yang telah disediakan oleh panitia. Kemudian acara dilanjutkan kembali dengan simulasi bisnis plan yang langsung dibimbing oleh dua pembicara tersebut.

45

Sebelum simulasi, ada beberapa pengarahan yang diberikan oleh kang Iqbal dan kang Rici, agar nantinya peserta yang ikut dapat mengembangkan usahanya itu. Selama simulasi, para peserta yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok, terlihat sangat antusias dalam melakukan proyek “kecil” ini. Sesekali kang Rici maupun kang Iqbal berjalan ke setiap kelompok mengecek apakah ada kesulitan atau ada hal yang ingin ditanyakan.

Setelah sekitar 90 menit, simulasi pun selesai dan dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing kelompok tentang apa yang telah mereka buat. Dari hasil simulasi dan presentasi tadi maka didapatlah satu kelompok terbaik berdasarkan penilaian dari pembicara langsung, yaitu kelompoknya teh Ilma, teh Nadia, Sirin, dan kang Arie.

Sekitar pukul 15.15 acara pun selesai dan diakhiri dengan pemberian plakat kepada pembicara, kang Rici dan kang Iqbal. Semoga dengan diadakannya acara Training Nasabah I ini dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan dari para peserta yang hadir. Aamiin.

76

Sumber: bmtiseg.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *