Aksi Saja Dulu dan Jangan Banyak Perencanaan

beasiswa

Oleh: MASITA ULFAH

Bandung – Masih menjadi mahasiswa tidak membuat Rici Solihin hanya bergantung pada orang tua. Mahasiswa Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad) angkatan 2008 ini mampu menjadi pengusaha sukses di usianya yang baru menginjak 21 tahun.

Menjadi eksportir sayur antar pulau itulah usaha yang digeluti Rici.“Saya seminggu sekali mengirim sayuran ke berbagai daerah,tidak hanya Pulau Jawa,tapi juga ke Kalimantan dan Sumatera. Dari omzet itu,sekitar 10%-nya jadi keuntungan saya,” ujarnya. Berbeda dengan pengusaha yang bergerak di bidang agrobisnis lainnya, distributor sayuran dengan merek Segar Barokah ini mengemas produknya sedemikian rupa.

Tidak berjualan di pasar,dia mengemas sayur sesuai permintaan pelanggan. Selain memiliki kebun sendiri untuk jenis sayuran cabai dan paprika di kawasan Pasir Langu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rici juga bermitra dengan petani di beberapa daerah seperti di Lembang dan Garut. Untuk mendapatkan sayuran,pemuda asal Lembang ini langsung datang ke kebun. “Saya menjualnya freshdari kebun,setelah itu dibawa ke Pasar Caringin untukdikemas.Saya menggunakan sistem kerja sama yang tidak akan merugikan petani,”ucapnya. Bisnisnya ini tentu bukan hasil kerja semalam.Sejak mengawali kuliah pada 2008,Rici sudah belajar mengemas sayuran dari orang tua.
Bakatnya dalam berbisnis dan ketekunannya membuahkan hasil,sehingga dia bisa memiliki mitra di luar daerah.“Untuk mengawali usaha, modalnya adalah jaringan, saya sering mengikuti kompetisi bisnis. Dari situ saya perluas jaringan untuk bisa mendapatkan pasar. Saya juga survei langsung ke tempat yang dituju,pernah sampai ke Pontianak,” ungkapnya. Selain keuntungan yang didapat, Rici juga mengaku dalam menjalankan usahanya harus sabar terutama saat menghadapi konsumen.

Dalam usaha ekspor sayuran banyak hal yang harus diperhatikan,karena pengiriman melalui laut dan udara. Meski sibuk berbisnis,namun prestasi Rici di bangku kuliah tidak menurun, bahkan berkat usahanya tersebut nilai-nilainya malah semakin baik. Pria yang bercita-cita menjadi pengusaha ini tengah sibuk menyusun skripsi.“Bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis,aksi saja dulu. Jangan terlalu banyak perencanaan.Yang penting ada ide dan mulai saja. Proses-proses lain bisa dipelajari sambil usaha berjalan,”ujar Rici.Diketahui, Rici Solihin adalah salah satu mahasiswa yang diberikan beasiswa business plan dari Bank Mandiri dan berbuah sukses. Usahanya terus berjalan dan semakin berkembang biak. Dalam program tersebut, setiap mahasiswa diberikan Rp10 juta.

Sumber: pustaka.unpad.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *